Entry: Lomba Desain Kamar Mandi - Seri Rumah Ide Friday, March 06, 2009




Status: Design Entry (contributor)
irgadesign, 2007

Ini adalah design entry untuk kompetisi desain kamar mandi yang diadakan oleh Seri Rumah Ide, serial yang membahas tentang desain interior praktis pada rumah tinggal. Tidak menang, namun masuk sebagai kontributor.
Berikut adalah rangkuman konsep yang dikirimkan ke panitia sayembara (tentu saja, klien yang dimaksud adalah fiktif. Kesamaan nama, sifat, waktu dan tempat hanya kebetulan semata ;p ):

The Cyclist's Bathroom
Sang pemilik rumah adalah seorang eksekutif muda yang baru menikah, dan amat tergila-gila akan sepeda. Sempat masuk pelatda waktu remaja (walau tak pernah ikut kompetisi profesional), hingga saat ini ia masih aktif bersepeda ke kantor setiap hari, serta kadang menyempatkan diri untuk bersepeda ke luar kota di akhir pekan. Koleksi sepedanya? Wah, jangan ditanya.
Untuk berelaksasi setelah aktivitas sehari penuh di kantor--dan membersihkan diri setelah bersepeda--maka sang pemilik rumah ingin membangun sebuah kamar mandi yang bertemakan... sepeda.

Olah Bentuk
Bentuk lengkungan kurva yang terdapat pada lantai dan dinding melambangkan dinamika, unsur yang tak bisa lepas dari balap sepeda. Menyesuaikan dengan kurva-kurva pada lantai serta melambangkan bentuk roda sepeda, shower stall dipilih berbentuk silinder.
Untuk menciptakan kesan ringan dalam ruang, maka sink cabinet yang biasanya terdapat di bawah wastafel dihilangkan. Sebagai gantinya, wastafel diposisikan pada bidang datar yang ditopang oleh konstruksi pipa yang mnyerupai rangka sepeda. Fungsi penyimpanan yang biasanya terdapat di sink cabinet, digantikan oleh laci yang terdapat di lantai di dekat bathtub.

Warna dan Material
Pada balap sepeda turing macam Tour de France yang bisa berlangsung berhari-hari dan terdiri dari banyak etape, pembalap yang menduduki peringkat tertinggi dalam klasemen akan mengenakan jersey berwarna kuning. Dalam kamar mandi ini, warna kuning digunakan untuk memberi kesan cerah dan ringan. Warna oranye, yang masih satu kroma dengan kuning, digunakan untuk melambangkan semangat kompetisi dan energi yang tinggi.
Material kayu digunakan untuk memberi kesan ringan yang menjadi karakter utama sepeda. Penggunaan aksen logam seperti lis krom, stainless steel serta material kaca melambangkan karakter sepeda sebagai hasil karya teknologi tinggi yang canggih namun tetap simpel.

Detail
Tema sepeda dalam kamar mandi ini diperkuat lagi dengan penggunaan beberapa komponen sepeda sebagai elemen fungsional maupun estetis. Misalnya, setang sepeda balap yang digunakan sebagai gantungan handuk, wheelset yang digunakan sebagai divider/partisi, serta rangka sepeda yang digunakan sebagai artwork pada dinding di bawah skylight.
Strip-strip berupa lempengan cermin yang dipotong memanjang, yang ditempel di dinding berwarna kuning, merupakan metafora dari sekumpulan pembalap sepeda yang sedang berlaga, yang dilihat dari atas.

   1 comments

Logo designer
February 27, 2012   06:26 PM PST
 
There are thousands of blogs and websites providing the same nature of information again and again, I guess they copy it from one another. Anyhow, the piece of information you have provided is something different and unique. Keep up the good work.

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments