Wednesday, March 04, 2009
Kompleks Ruko dan Pasar Ikan Sei Dama, Samarinda


Status: Proposal
design for PT. Atelier 6 Arsitek, Jakarta (2007)

Kompleks ruko dan pasar ikan yang berdekatan dengan daerah pemukiman. Tantangannya adalah menciptakan pasar ikan dengan penghawaan dan pencahayaan yang baik, serta tidak menciptakan gangguan bagi lingkungan sekitar.
Masalah penghawaan dan pencahayaan alami dipecahkan dengan olahan bentuk atap yang multi-segmented. Di antara segmen-segmen atap ini dibuat bukaan untuk memasukkan cahaya matahari dan sebagai area sirkulasi udara. Gangguan terhadap lingkungan pemukiman dicoba diatasi dengan dinding masif yang meminimalisir akses visual dari luar ke dalam dan sebaliknya, namun pada daerah-daerah tertentu tetap dibuka untuk memudahkan sirkulasi dari dan ke dalam pasar.
Untuk rukonya, dibuat dua pendekatan desain. Yang pertama, seperti yang diilustrasikan di atas adalah pendekatan yang lebih bertema vernakular modern, sementara desain yang kedua lebih bertema kontemporer dengan pendekatan tema modern geometris.


Posted at 11:14 am by ranggapanji
say something here  

Peremajaan Interior Gedung C Lt. 14, Kantor Pusat Depdiknas - Jakarta


Status: Proposal
design for PT Atelier 6 Arsitek, Jakarta (2007)

Tujuan peremajaan interior ini adalah untuk memberikan citra baru ke dalam kantor departemen pemerintahan ini. Lebih modern, tenang, dan berwibawa.
Nuansa kayu dimasukkan untuk mengangkat kesan tenang dan berwibawa. Olahan geometris sederhana dan permainan pencahayaan memberikan kesan modern. Permainan olahan detail menghilangkan kesan monoton yang mungkin muncul di sepanjang koridor.

Posted at 10:01 am by ranggapanji
say something here  

Previous Page Next Page

Blogdrive